Tuesday 28 June 2011

Praktikum : SPT II


Epidermis
Epidermis merupakan perkembangan dari dermatogen, dengan demikian jaringan epidermis merupakan jaringan primer. Sel epidermis biasanya terdiri atas satu lapis sel (epidermis ganda, multiple epidermis). Permukaan luar epidermis biasanya mempunyai lapisan kutikula. Fungsinya melindungi kerusakan mekanis pada jaringan lunak yang berada di sebelah dalam jaringan epidermis, mencegah penguapan air yang berlebihan dari jaringan dalam.
Stomata adalah suatu celah pada epidermis yang dibatasi oleh dua sel penutup. Stomata terdapat diantara sel-sel epidermis suatu tumbuhan. Sel penutup bentuknya ginjal atau halter. Sel yang berbatasan langsung dengan sel penutup adalah sel tetangga. Stomata dapat ditemukan pada semua bagian tumbuhan yang berwarna hijau kecuali akar. Fungsi stomata adalah sebagai pengatur penguapan, pengatur masuknya O2 (oksigen) ke udara selama fotosintesis berlangsungdan arah sebaliknya pada waktu respirasi berlangsung.
Trikoma merupakan salah satu derivat epidermis yang tampak menonjol dan mempunyai bentuk khusus. Trikoma dapat sebuah sel sederhana atau terdiri dari beberapa sel. Trikoma pada daun untuk mengurangi penguapan atau menghasilkan zat-zat tertentu. Trikoma pada akar disebut trikoma bulu akar.
Sel kipas pada epidermis daun suku Graminae (rumput-rumputan) yang berfungsi untuk menggulung daun sehingga mengurangi penguapan, sel silika dan sel gabus diduga sebagai penguat, misalnya pada epidermis batang tebu.

Parenkim
Parenkim merupakan bagian utama sistem jaringan dasar dan terdapat pula pada berbagai organ sebagai jaringan yang bersinambungan seperti pada korteks dan empelur batang, korteks akar, jaringan pada tangkai daun, mesofil daun, bagian buah berdaging, serta juga terdapat floem dan xylem.
Bayam dan kaktus : parenkim air, parenkim yang banyak mengandung air
Enceng gondok dan canna indica : parenkim udara (aerenkim) yang mampu menyimpan udara
Bunga sepatu : parenkim polisade, parenkim penyusun mesofil daun, kadang-kadang pada biji.
Kulit pisang dan kacang : parenkim penimbun yang terdapat butur pati. untuk menyimpan cadangan makanan.

0 comments:

Post a Comment