Wednesday 1 June 2011

Tumbuhan Paku (Pteridophyta) dalam Genus Gymnopteris (TTT)


Tumbuhan Paku ( Gymnopteris )


A.  Klasifikasi
     Kingdom: Plantae
         Phylum: Pteridophyta
             Class: Pteropsida
                 Order: Filicales
                     Family: Pteridaceae
                         Genus: Gymnopteris











B.  Habitat
Gymnopteris termasuk paku tanah yaitu paku-pakuan yang hidup di tanah, tembok, dan tebing terjal. Kebanyakan jenis paku ini banyak tumbuh pada batu-batu atau pada tebing sungai, yang menyukai kelembapan. Rimpangnya menjalar pada pemukaan batuan dan akar-akarnya masuk ke celah-celah batu. Tumbuh paku ini banyak ditemukan liar di bagian-bagian dari dunia, seperti Amerika tropis, Asia tropis, India, Negeri China, Jepang, Barat Indies, Afrika selatan, Australia Austria, Selandia Baru dan Eropa.

C.   Habitus
Tumbuhan paku, hampir semunya berupa herba atau agak berkayu. Akan tetapi ada pula yang berupa pohon, misalnya anggota Gymnopteris. Gymnopteris Rufa merupakan jenis herba. Daun tumbuhan paku mempunyai bentuk khas yaitu berupa ental (frond).

D.  Morfologi
Berdasarkan bukti karakter morfologi palynological sporophyte dan gametofit, pola perkecambahan spora terlihat pada persiapan secara keseluruhan, pada anogramma genera, bommeria, gymnopteris, hemionitis, dan pityrogramma telah ditetapkan untuk family yang berbeda oleh para ahli taksonomi pakis. Menurut pendapat Bower (1928) menetapkan bahwa marga ini termasuk dalam kelompok  pakis gymnogrammoid. sedangkan Christensen (1938) menempatkan semua kecuali gymnopteris pada kelompok polypodiaceous. copelend (1947), Akan tetapi, memandang marga ini sebagai bagian dari kelompok pakis pteroid kompleks. holttum (1949) melanjutnya pendapat bahwa Bower pada konsepnya tentang pakis gymnogrammoid dan mengkombinasikan pakis gymnogrammoid dan vittarioid ke dalam marga adiantaceae.
1. Daun
Daunnya sporofil (daun fertile) yaitu daun yang berfungsi menghasilkan spora. Biasanya hampir semua sporofil berfungsi sebagai organ fotosintesis. Venansi tumbuhan paku ini bergulung atau daun muda yang menggulung dan akan membuka jika telah dewasa. Pada umumnya daun tumbuhan paku berwarna hijau. Bentuk daunnya mememanjang, tepinya rata, ujung daunnya setengah meruncing, daunnya berhadapan bersilang, teksturnya selaput berupa helaian, dan permukaan daunnya kasar.
2. Batang
Semua batang paku-pakuan berupa rimpang karena pada umumnya arah tumbuhnya menjalar atau memanjat, meskipun ada yang tegak. Bentuk batang tumbuhan paku ini panjang, ramping, dan sirkuler linier. Permukaannya kasar dan ditumbuhi rambut-rambut halus. Berwarana coklat sampai coklat kehitaman dan bercabang. Mempunyai ramenta yang berbentuk lanset atau bercabang seperti bintang. Ramentanya mudah lepas sehingga pada massa tua tidak terdapat sama sekali.
3. Akar
Pada umumnya akar paku-pakuan adalah serabut yang bercabang-cabang secara dikotom, tetapi ada pula yang bercabang monopodial atau tidak bercabang. Namun tidak semua paku-pakuan mempunyai akar, misalnya pada bangsa Gymnopteris. fungsi akarnya digantikan oleh rhizoid. Letak akar Gymnopteris Rufa yaitu pada pangkal rimpang yang tegak dan bentuk akarnya tipis, kasar, dan warnanya coklat tua.

E. Spora

Sporangium umumnya dibentuk pada permukaan bawah atau tepi daun fertile (sporofil), yang berwarna coklat. Sorusnya dilindungi oleh indusium dengan bentuk ginjal dan dilindungi oleh indisium palsu yaitu pelindung yang terjadi karena pelipatan tepi daun. Permukaan bawah daun Gymnopteris terdapat sori (bentuk tunggal dari sorus), setiap sori berisi kelompok sporangia (penghasil spora). Sori tidak selalu di bagian bawah daun paku yang mempertunjukkan sori, sori ini berisi suatu kelompok sporangia ( penghasil spora).

F.   Siklus Hidup

Tumbuhan paku ini berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif. Perkembangbiakan generative dimulai dengan pembentukan spora yang dihasilkan oleh sporangium. Spora yang dihasilkan oleh sporangium merupakan hasil meiosis meiospora. Jika spora tersebut jatuh di tempat yang sesuai, maka spora akan tumbuh dan berkembang menjadi protalus (protalium) atau gametofit. Protalum dari paku homospor berkembang secara eksosporik. Spora berkecambah membentuk gametofit yang homotalus (berumah satu), di luar batas dinding spora.

G.   Manfaat

Genus Gymnopteris biasanya dimanfaatkan sebagai kemampuan ” hyperaccumulate” (menyerap sejumlah arsenic) yang besar dari lahan. Selain itu Gymnopteris ini juga sebagai bioremediation potensial. Pada umumnya tumbuhan paku tersebut digunakan sebagai tanaman hias yang ditanam dalam pot, yang biasanya orang menanam sebagai tanaman pembatas. Begitu pula dengan species-species lain dari genus Gymnopteris.

Beberapa species dari genus gymnopteris: 
Gymnopteris Marantae
Gymnopteris Marantae
Secara garis besar Gymnopteris termasuk tanaman yang berumur panjang, hidup di darat, dan biasanya terdapat pada batu, atau tempat-tempat yang epifit, bentuknya tegak, melengkung, atau kadang-kadang menggantung. Batang-batangnya ( panjang-pendek) menjalar, bercabang tanpa sisik hingga ke akarnya, biasanya dictyostelic. Monomorfik untuk dimorfik Daun, terdapat circinate pada kuncup. Tangkai daun biasanya mengartikulasikan di dasar [jarang sekali nonarticulate, yang pada Loxogramme], tidak memiliki sisik atau kadang-kadang bersisik. Blade simple biasanya pinnatifid, pinnatisect, atau menyirip, jarang yang terbelah; malai beralur atau tidak adaxially. Venanya  bebas (bisa bercabang) untuk anastomosing pada sistem yang kompleks, areoles dengan atau tanpa veinlets termasuk. Indument atau tangkai daun  pada blade tidak ada, malai, costae, dan kadang-kadang pada bilahnya terdapat bantalan bulu (ini sering septate dengan crosswalls kemerahan). Sori ditanggung abaxially pada urat, berbentuk bulat hingga lonjong, kadang-kadang memanjang, jarang sekali yang bertingkat, jarang sekali yang hingga permukaan; terdapat parafisa atau tidak; sporangia dengan 2 atau 3 baris sel pada tangkai. Spora biasanya transparan atau kekuningan (jarang sekali yang kehijauan), semua jenis 1, bilateral, monolete [jarang sekali trilete, seperti di beberapa Loxogramme] pada permukaannya, dan kebanyakan halus, tuberculate, verrucose, atau menyerpihkan, kadang-kadang berduri, 64 per sporangium (spora bulat dan 32 per sporangium pada apogamous spp.). Gametophytes hijau, di atas permukaan tanah, berbentuk menyerupai hati atau eliptik. Joseph Lanjouw (1950).

Gymnopteris  Serrulata
Gymnopteris  Serrulata
Gymnopteris memiliki beberapa ciri identifikasi diantaranya adalah berbentuk Rimpang pendek, menjalar ke suberect, padat ditutupi dengan linier, sisik berbulu halus dan bulu. Stipe bersisik di dasar, berbulu di seluruh, castaneous, lebih atau kurang halus. lamina menyirip untuk majemuk lebih tetapi tidak halus terbelah, berbulu di seluruh; urat semua bebas. sori menyebar, sporangia sepanjang urat, tanpa indusia; spors tetrahedral. (Bernh. Schard. J. Bot.) 1: 297.




Syngramma Vestita, Gymnogramma Vestita, Gymnopteris Vestita
Gymnopteris Vestita
Bentuknya  rimpang pendek menjalar, memiliki bantalan daun yang erat, padat ditutupi dengan baik sisik dan juga berbulu, sisik linier, sekitar 0,1 mm pada umumnya, dan berwarna cokelat. Bulu seperti: berbulu halus, warna cokelat pucat, besarnya sampai dengan 5 mm. Stipe hingga 10 cm, castaneous padat ditutupi dengan bulu lembut cokelat pucat. lamina imparipinnate berbentuk elips sempit sampai 8 dengan 2 cm; malai seperti Stipe, hampir sama dalam ukuran dan bentuk. Bulat telur, akut di puncak, bentuk menyerupai bulat hati di dasar, sekitar 1,5 oleh 1 cm, jelas mengintai, padat ditutupi dengan bulu pada kedua permukaannya; urat bebas bercabang. Sori tersebar bebas di sepanjang urat, telanjang. (Hook) 1837.

Gymnopteris Bernhardi
Gymnopteris Bernhardi
Gymnopteris Bernhardi memilki hubungan yang erat dengan Marga Hemionitis L.  dimana keduanya ini memilki banyak persamaan dan hanya terdapat perbedaan
terutama pada struktur daun dan pangkal ruas daun. Studi menunjukkan bahwa karakter nya sangat bervariasi dan unreliably diagnostik. Selanjutnya, spesies jenis dari dua marga ini mudah berhibridisasi satu sama lain. Morfologi Spore, sebagaimana ditunjukkan oleh SEM, bahwasanya beberapa jenis hemionitis dan Gymnopteris memiliki kerutan yang sama untuk berpapila spora, sedangkan spesies lain dari marga kedua memiliki spora kecil jambul. Kimia flavonoid taksa coinciedes ini dengan jenis spora, yaitu, taksa dari marga baik yang memiliki jambul menghasilkan spora kaempferol dan quercetin 3-0-glikosida, sedangkan spesies dengan tuberculate spora hanya memproduksi kuersetin 3,4-0-glikosida. Data spora dan kimia menyarankan penyelarasan ini taksa dalam genus tunggal, yang akan menghindari ketergantungan agak lemah pada satu vegetatif karakter untuk perbedaan generik. (tagawa and k. Iwats) 1971



Gymnopteris Acuminata
Rimpang pendek, merambat ke suberect, padat ditutupi dengan linier, sisik berbulu halus dan bulu. Stipe bersisik di dasar, berbulu di seluruh, castaneous, lebih banyak atau kurang halus. lamina menyirip untuk kompleks lebih tetapi tidak halus terbelah, berbulu di seluruh; urat semua bebas. sori berdifusi, sporangia sepanjang urat, tanpa indusia; spors tetrahedral. enam spesies yang dikreditkan ke genus ini: 2 di wilayah sino-himalayan, 3 di america tropis, dan satu di Australia. di thailand hanya satu koleksi telah dibuat, dan jenis ini tidak dikenal di burma ataupun di Indocina. (hook) 1837.

Gymnopteris Heudelotii
Gymnopteris Heudelotii
Pakis ini tumbuh dengan lambat dan dapat tumbuh secara meluas, mengintai, warna daun hijau tua dengan struktur yang sangat padat. Tanaman ini akan melampirkan dirinya pada benda padat, seperti batu dan bodwood, dan lebih memilih untuk tinggal di daerah air yang mengalir. Tanaman ini dinyatakan ringan dan dapat disimpan dalam berbagai kondisi air. G. heudelotti ini memiliki habitat Tumbuh di sungai dengan sangat fastflowing air di atas batu dan batu, kadang-kadang juga di substrat, baik terendam dan semiaquatic, di bawah teduh atau sinar matahari. (bernh. Schard) 1947




Beberapa species yang termasuk dalam golongan genus Gymnopteris adalah ssebagai berikut:

Gymnopteris acrostichoides Engl.
Gymnopteris acuminata C.Presl
Gymnopteris aliena C.Presl
Gymnopteris auriculata Peter
Gymnopteris aurita Keys.
Gymnopteris axillaris C.Presl
Gymnopteris bernoullii Kuhn; Diels.
Gymnopteris bipinnata
Gymnopteris blumeana Bedd.
Gymnopteris boivinii Kuhn; Engl.
Gymnopteris bonii Christ
Gymnopteris borealisinensis
Gymnopteris cadieri Christ
Gymnopteris ceterach
Gymnopteris contaminans Bedd.
Gymnopteris contaminoides Christ
Gymnopteris costaricensis Christ
Gymnopteris costata Bedd.
Gymnopteris decurrens Moore
Gymnopteris delavayi
Gymnopteris dentata Fée
Gymnopteris dichotomophlebia
Gymnopteris discolor
Gymnopteris donnell-smithii Christ
Gymnopteris ehrenbergiana
Gymnopteris feei Moore
Gymnopteris ferruginea
Gymnopteris flagellifera Bedd.
Gymnopteris fluviatilis Engl.
Gymnopteris gaboonensis J.Sm.
Gymnopteris gardneri
Gymnopteris guianensis (Aubl.) Christ
Gymnopteris guyanensis Christ
Gymnopteris harlandii J.Sm.
Gymnopteris hastata E.Fourn.
Gymnopteris heudelotii Bory; Fee
Gymnopteris hispida
Gymnopteris inconstans Copel. in Perkins
Gymnopteris irregularis Fourn.
Gymnopteris lanceolata Bedd.
Gymnopteris latifolia C.Presl
Gymnopteris linnaeana Christ
Gymnopteris lomarioides Christ
Gymnopteris marantae
Gymnopteris metallica Bedd.
Gymnopteris minor Hk.
Gymnopteris muelleri (Hook.) J.Underw.
Gymnopteris naumannii Diels in Schum
Gymnopteris neglecta (Bailey) Diels
Gymnopteris nicotianaefolia C.Presl
Gymnopteris normalis J.Sm.
Gymnopteris nummularifolia C.Presl
Gymnopteris obtusifolia C.Presl
Gymnopteris oligarchica J.Sm.
Gymnopteris pandurifolia Hook.
Gymnopteris pedata
Gymnopteris phanerodictyon Engl.
Gymnopteris platyrhynchos J.Sm.
Gymnopteris portoricensis (Spreng.) Fée
Gymnopteris presliana J.Sm.
Gymnopteris preussii Hieron.; Engl.
Gymnopteris punctata Christ
Gymnopteris quercifolia
Gymnopteris repanda Christ
Gymnopteris repandra (Blume) Christ
Gymnopteris reynoldsii
Gymnopteris rufa
Gymnopteris salicina J.Sm.
Gymnopteris sargentii
Gymnopteris scandens Christ
Gymnopteris semicordata J.Sm.
Gymnopteris semipinnatifida Fée
Gymnopteris serratifolia Diels in Engl. & Prantl
Gymnopteris serrulata
Gymnopteris spicata C.Presl
Gymnopteris subcordata
Gymnopteris subcrenata Bedd.
Gymnopteris subquinquefida C.Presl
Gymnopteris subrepanda J.Sm.
Gymnopteris subsimplex Fée
Gymnopteris taccaefolia J.Sm.
Gymnopteris terminans Bedd.
Gymnopteris tomentosa
Gymnopteris triangularis
Gymnopteris tricuspis Bedd.
Gymnopteris trilobata J.Sm.
Gymnopteris turckheimii Christ
Gymnopteris variabilis Bedd.
Gymnopteris vespertilio Hk.
Gymnopteris vestita
Gymnopteris virens Keys.
Gymnopteris wallichiana C.Presl
Gymnopteris wallii Bedd.


Daftar Pustaka

Thailand.-Northern: chiang mai (doi chiang dao). 1985
Distribution.- N. india (type) and SW. China. 1985
Ecology.- in Rock Crevices at About 2000 m alt. in Limestone Areas of Doi Chiang Dao, only once collected: kerr 6597
Bernh. Schard. j. Bot. 1: 297. 1799: copel. gen fil: 75. 1947
Gymnopteris Vestita (Hook) Undrew. Bull. Torrey Bot. cLub 29: 627. 1902;  Tagawa and k. Iwats. Acta Phy Totax. Geobot. 25:19; 1971.
Gymnogramma Vestita Hook. ic. pl. 2: t.115. 1837. - Syngramma Vestita (hook.) Moore, ind. fil.:1x. 1857; Bedd. Handb.: 386. f. 229. 1883. fig. 14. 3.
Sir William Jackson Hooker - 1846A century of ferns
Garden ferns; or, Coloured figures and descriptions .1846. William Jackson Hooker
Ferns and Fern Allies of Guatemala. Robert G. Stolze

0 comments:

Post a Comment